Jumat, 22 Januari 2016

Di Balik Perang Dunia Ke II

Keandaan politik inernasional menjelang Perang Dunia II menyerupai keadaan tahon 1900-1914 sebelum Perang Dunia I. Ada yang menyatakan bahwa Perang Dunia II merupakan lanjutan Perang Dunia I. Perang Dunia I merupakan balas dendam Perancis terhadap Jerman karena di permalukan dalam kekalahannya ketika kalah perang tahun 1870-1871. Selain itu dalam masalah industri, Jerman juga bersaing degan Inggris. dengan persaingan-persaingan itu maka terbentuklah persekutuan militer atau aliansi. Ada dua persekutuan, yaitu Triple Alliantie yang kemudian di kenal dengan sebutan "Blok Sentral" yang terdiri dari Jerman, Austria, dan Italia. Sedangkan Triple Entente yang kemudian di seut "Blok Sekutu" yang terdiri dari Perancis, Inggris, dan Rusia dan lain lain .



Pada tanggal 1 Agustus 1914 Jerman mengumumkan perang kepada Rusia dan disusul Perancis mengumumkan perang terhadap Jerman tanggal 3 Agustus 1914. Kemudian tanggal 4 Agustus Inggris juga mengumumkan perang terhadap Jerman yang selanjutnya mengakibatkan berkecamuk nya perang yang melibatkan seluruh dunia yang dikenal dengan perang dunia I.

Perang ini berakhir dengan kekalahan Jerman yang menyerah pada tanggal 11 November 1918. Sebagai pihak yang kalah, Jerman harus membayar ganti rugi kepada sekutu dengan dibuatkan Perjanjian Versailles pada tahun 1919. Kekalahan jerman dengan telak ini memberi kesempatan pada Adolf Hitler membangkitkan bangsanya untuk melakukan balas dendam kepada Perancis. Adolf Hitler mengembangkan Fasisme dan kemudian memulai Perang Dunia II.

Di Eropa, sebab khusus terjadi nya Perang Dunia II adalah serbuan Jerman ke kota Danzig, Polandia pada tanggal 1 September 1939. Polandia merupakan negara di bawah pengawasan Liga Bangsa-Bangsa. Hitler menuntut kota Danzig karena penduduknya adalah bangsa Jerman, tetapi Polandia menolak tuntutan itu. Pada tanggal 3 September 1939 negara-negara pendukung LBB terutama Inggris dan Perancis mengumumkan perang kepada Jerman, kemudian diikui sekutu-sekutunya.
Perang Dunia di Pasifik di sebabkan oleh serbuan jepang terhadap pangkalan Armada Angkatan Laut Amerika di Pearl Harbour, Hawai (7 Desember 1941). Itulah yang menjadi penyebab perang dunia II.