Minggu, 20 Desember 2015

Tips transaksi online dengan aman

Pernah engga kamu sangat menginginkan suatu barang?.. dan pada saat kamu mau beli barang tersebut ke store nya langsung dengan harapan mendapat kan barang yang kamu inginkan sudah di depan mata, tapi stok nya tidak ada atau habis??. Pasti sangat kecewa kan?? .

Kamu pasti langsung berfikiran untuk membeli barang tersebut secara online ke seller-seller online shop atau situs jual beli online,karna kamu sangat menginginkan barang tersebut.
Nah kamu harus berhati hati jika mau bertransaksi atau belanja online,karna tidak sedikit kasus penipuan online ini udah terjadi. jujur saja saya pribadi juga pernah kena tipu di bisnis online ini. Tentunya sangat menjengkelkan.

Tetapi tidak semua online shop itu melakukan penipuan,kamu hanya harus mengetahui beberapa hal yang perlu di perhatikan jika ingin transaksi atau belanja online dengan aman. Beberapa hal yang perlu kamu selidiki sebelum kamu memutuskan untuk melakukan transaksi dengan online shop tersebut.
Maka dari itu saya akan berbagi tips transaksi atau belanja online yang aman, yaitu sebagai berikut :

Apakah mereka memiliki situs sendiri?

Coba kamu selidiki apakah mereka memiliki situs sendiri atau Lebih baik lagi jika kamu berbelanja pada toko online yang memiliki situs dengan hosting sendiri, bukan situs gratisan. Karena dengan begitu menandakan bahwa mereka memang serius melakukan bisnis dengan membeli nama domain dan menyewa hosting sendiri. Karena memang tidak semua online shop atau toko online di Facebook adalah penipuan dan jika kamu tetap ingin berbelanja online lewat Facebook, lebih baik bertransaksi dengan orang yang benar-benar kamu kenal atau mereka yang telah mempunyai testimonial dari pelanggannya.

Harga yang pantas

Jangan tergiur dengan harga yang murah. Oleh sebab itu pastikan harga yang ditawarkan oleh si penjual adalah harga pasaran produk. Tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal, Dengan Catatan : Lebih baik jika kamu tidak melakukan transaksi dengan penjual yang menawarkan harga murah yang tidak masuk akal.

Reputasi

Seler yang baik biasanya berani menampilkan alamat lengkap beserta media-media kontak yang dibutuhkan dan selalu siap sedia dimintai bantuan kapan saja. Namun jangan pula menjadikan reputasi bagus sebagai patokan seller tersebut terpercaya. karena walau reputasi bagus tidak menjadi jaminan apakah penjual tersebut terpercaya atau tidak, tapi tidak ada salahnya untuk lebih waspada jika penjual belum mempunyai reputasi, apalagi jika reputasinya jelek. Tetapi reputasi juga belum tentu didapat berdasarkan baik/buruknya user tersebut menjual atau membeli barang, tapi ada kemingkinan didapatkan dari forum-forum lain di kaskus selain FJB (Forum Jual Beli), jadi jangan cuma melihat reputasinya saja dan memutuskan untuk langsung bertransaksi, periksalah hal-hal lainnya.

Barang yang real

Coba kamu cek apakah barang itu real atau benar-benar ada, biasakan meminta foto bagian-bagian tertentu barang yang hendak kamu beli, karna kebanyakan penipu online mengcopy foto barang yang mereka jual dari google atau dari seller lain.

Testominal

Testimonial adalah kesaksian dari para pembeli yang pernah membeli dari seller tersebut, Maka lihatlah thread testimonial dari penjual (jika ada), telitilah siapa saja orang yang pernah bertransaksi dan memberikan kesaksian, bisa saja itu teman mereka yang bersekongkol untuk membuat testominal yang baik. akan lebih baik jika kesaksian telah banyak diberikan oleh orang lain dengan jumlah postingan yang banyak dan mempunyai reputasi baik.

Sistem pembayaran

Harap berhati-hati dalam setiap transaksi online, usahakan tidak transfer duluan ke seller secara langsung jika masih meragukan, utamakan transaksi secara face to face (COD) jika lokasi seller dapat kamu jangkau dan Jika COD, periksa secara mendetil barang yang hendak dibeli, tanyakan kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut, tanyakan juga bagaimana dengan layanan garansi (jika ada) serta Jika tidak memungkinkan untuk COD atau transaksi secara langsung, dapat meminta tolong teman yang satu kota dengan si seller namun Jika tidak dapat COD atau meminta bantuan teman, dapat menggunakan jasa REKBER yang membantu menjembatani seller dan buyer jika terjadi transaksi anrara penjual dan pembeli.

Itulah tips transaksi online dengan aman yang saya ketahui. Mungkin masih banyak lagi hal-hal yang harus kamu perhatikan selain tips di atas,dan penipuan juga ga hanya terjadi di dunia maya transaksi secara langsung pun bisa saja terjadi jika kamu ga berhati-hati dalam melakukan transaksi maka teliti lah dalam melakukan transaksi aga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan